Kamis, 27 Oktober 2011

mengglobalisasi koperasi


Mengglobalisasi  koperasi
Dilihat dari kata global itu sendiri rasanya sulit untuk dilakukan. Apalagi terhadap koperasi. Tanya kenapa’???????saya juga bingung hehehhee..tapi tenang mari kita cari solusinya, okayyy J
Kita telusuri dulu arti dari mengglobalisasi itu apa yahh??? Globalisasi adalah suatu proses di mana antarindividu, antarkelompok, dan antarnegara saling berinteraksi, bergantung, terkait, dan mempengaruhi satu sama lain yang melintasi batas Negara. Globalisasi (secara khusus perubahan yang kita lihat dalam kilang, kedai, dan seluruh spektra ekonomi dan cara kehidupan kita) adalah disebabkan pergerakan empat bentuk modal dalam ekonomi global. Keempat-empat modal ini adalah:
Kebanyakan tekanan dan kekompleksan yang dihadapi adalah dalam hal ehwal macro negara, masyarakat, dan interaksi antara mereka, boleh didasarkan kepada empat pergerakan ini. Perhubungan yang dipermudah dengan kos telekomunikasi dan perjalanan yang lebih rendah memungkinkan lebih ramai bilangan manusia kini, berbanding masa lampau, berinteraksi dengan situasi yang tidak pernah dipertanding dalam sejarah. Perbezaan budaya dan politik di semua peringkat berlaku dan boleh diterangkan sebagai perbezaan pendapat antara dua atau lebih pihak tentang asas, layanan, masa, milikan atau harga satu atau lebih pergerakan modal.
Nahh itu kan arti globalisasi sekarang kita artikan dulu arti koperasi itu apa yah, seperti tulisan saya yang sebelumnya tentang hubungan koperasi dan perekonomian indonesia tulisan ini masih sangat erat hubungannya lho jadi ya gtu deh..
Koperasi adalah suatu badan yang menelola usaha, yang beranggotakan perorangan atau per badan yang berlandaskan asas kekeluargaan dan demokrasi ekonomi.
Langsung saja kita bahas cara menglobalisasi koperasi diindonesian berikut ini adalah faktor-faktor yang sangat mempengaruhi globalisasi koperasi..
1.  SDM, karena tanpa SDM yang baik maka koperasi otomatis akan sangat sulit untuk bersaing didunia internasional. SDM yang dibutuhkan tentunya harus cakap ,kreatif ,jujur dan pintar dalam mengambil kesempatan.
2.  Modal, untuk dapat mengglobalisasikan koperasi tentu akan membutuhkan dana yang cukup besar. Oleh karena itu, diharapkan kepada pemerintah untuk dapat menyiasatinya. Jika koperasi dapat mengglobal, maka keuntungan yang didapat pun akan besar, serta memperkenalkan kepada dunia system simpan pinjam yang tidak hanya bertujuan demi keuntungan (bisnis) tetapi demi kekeluargaan, yang sepertinya sangat jarang ada khususnya di luar negeri.
3. Pemerintah, tanpa dukungan dari pemerintah untuk dapat mewujudkan globasisai koperasi akan sulit dicapai.
4.  Masyarakat itu sendiri, walaupun factor-faktor diatas telah tercapai tapi antusias dari masyarakat tidak ada maka globalisasi koperasi ini juga sepertinya kurang sempurna, sebab koperasi tumbuh dan bisa berkembang karena anggota koperasi itu sendiri. Keanggotaan koperasi berasal dari masyarakat setempat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar